Monday, July 16, 2018

Budayawan Ishak Ngeljaratan yang Sangat Kagum dengan Budaya Orang Toraja Tutup Usia

Seorang budayawan, dosen dan juga seorang yang memiliki pemikiran filsafat yang luar bisa, Drs. Ishak Ngeljaratan, M.A (82) tutup usia hari Senin (16/7/2018). Bukan hanya itu dia juga memiliki jiwa toleransi yang tinggi dan itu yang ditularkan kepada mahasiswa ketika Beliau memberikan kuliah.

Beliau adalah salahsatu dosen tidak tetap di Kampus Sekolah Tinggi Teologi Indonesia Timur Makassar (STT INTIM Makassar). Dosen yang memberikan kuliah Filsafat dan mata kuliah lainnya. Beliau juga adalah sosok yang  sangat mengagumi budaya Orang Toraja. 

Dalam kuliah yang pernah saya ikuti, sempat dia mengatakan bahwa "Ada perasaan tersendiri yang saya rasakan ketika saya masuk ke Toraja, dengan melihat rumah Adat Toraja yang berdekatan dengan sawah". Dia juga sempat menjelaskan kepada kami tentang makna kata "Manasu mo raka?", yang adalah ungkapan sapaan orang Toraja saat berjumpa seseorang di rumahnya dan bisanya direspon dengan "Manasumo, ta lendu'opa".

Dia menggali makna ungkapan ini dengan mengatakan bahwa ungkapan ini berhubungan dengan tallu lolona atau tiga pucuk kehidupan (manusia, hewan dan tumbuhan). "Sudah masakkah?" itu arti harafiah dari "manasumo raka?", dalam penjelasannya bahwa ini bukan soal makanan tetapi adalah ungkapan syukur dari orang Toraja yang menyatu dengan alam. Tanah adalah sumber kehidupan, orang Toraja menanam padi dan memperlakukan padi sebagai saudaranya, juga memelihara hewan dengan penuh kasih sayang sehingga berkat itu tersedia. Ungkapan ini adalah wujud sukacita atas kesuburan tanah di Toraja. Dan masih banyak lagi yang dikatakan tentang budaya orang Toraja.

Menurut beberapa media online, budayawan ini tutup usia setelah sempat dirawat di RS Stella Maris, Makassar. Saat ini jenazah disemayamkan di rumah duka kompleks perumahan Dosen Unhas Tamalanrea.

"Rest In Peace"... Pemikiran, kesederhanaan dan sikap toleransi akan kami warisi dan kenang. Semoga segenap keluarga diberikan kekuatan iman dan penghiburan dari Tuhan sang pemilik kehidupan ini...

(Christian Banna)

No comments:

Post a Comment

Mengenal Klasis Parandangan Sebagai Tuan Rumah KamNas Remaja II SMGT

Klasis Parandangan adalah salah satu Klasis yang berada dalam lingkup pelayanan BPS Wilayah II Rantepao. Klasis Parandangan terdiri da...