Monday, July 31, 2017

Kaka Slank, Istri dan Anaknya di Toraja Menyaksikan Prosesi Rambu Solo'

(Tagari, Kelurahan Bebo', Senin 31 Juli 2017)
Akhadi Wira Satriaji atau kerap disapa Kaka Slank datang berkunjung ke Toraja untuk pertama kalinya bersama Istri dan anak-anaknya. Dia sudah beberapa hari di Toraja. Kali ini dia datang berkunjung ke suatu prosesi Rambu Solo' (Harafiah: Rambu=Asap, dan Solo'=Turun, yaitu Upacara yang dilakukan pada saat matahari sudah mulai terbenam pukul 12.01) acara pemakaman yang bisanya dilakukan di Toraja.

Lokasi yang didatangi adalah di Tagari, Kelurahan Bebo', Kecamatan Sangalla' Utara, Kabupaten Tana Toraja. (Lokasi ini adalah perbatasan antara Kelurahan Bebo' dengan Lampio, namun aluk atau adat Lampio yang berlaku)

Kaka Slank sangat menikmati keindahan Alam dan Budaya Toraja yang unik dan tiada duanya. Menurutnya, Toraja ini "sangat luar biasa". Dia bersama keluarga datang ke upacara rambu solo' pada saat ma'paranduk/ma' karu'dusan adalah prosesi pembukaan dalam acara rambu solo' dengan mengumpulkan kerbau yang akan di potong untuk acara ini, kemudian memindahkan jenasah ke lakkian, lalu dipotonglah seekor kerbau betina sebagai tanda ma' karu'dusan.

Istri Kaka tidak tega melihat prosesi ini karena pemotongan kerbau atau ma' tinggoro tedong (dilakukan dengan sekali tebas pada leher kerbau), dia sempat meneteskan air matanya.

Kaka dan keluarga juga menikmati "KoTor" (Kopi Toraja) yang mendunia, mereka duduk melantai dalam Lantang sambil menikmati kopi.

Berikut Video singkatnya:


Kurre Sumanga', Salama'...

No comments:

Post a Comment

Mengenal Klasis Parandangan Sebagai Tuan Rumah KamNas Remaja II SMGT

Klasis Parandangan adalah salah satu Klasis yang berada dalam lingkup pelayanan BPS Wilayah II Rantepao. Klasis Parandangan terdiri da...