Sunday, July 2, 2017

Peserta Jambore Nasional IV SMGT Enggan Meninggalkan Lokasi

Jambore Nasional IV SMGT dilaksanakan di Marintang, Lembang Simbuang, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja mulai tanggal 25-30 Juni 2017 dengan Tema Jambore: "Aku Berakar dan Bertumbuh dalam Kristus, untuk Berbuah dalam Dunia" (bnd. Kol. 2:7; Yoh. 15:8). Ini adalah Jambore yang ke IV, yang diadakan 5 tahun sekali. Sebelumnya Jambore I tahun 2001 di Rante Tallang, Klasis Kesu' La'bo', Jambore II tahun 2007 di Batu Sura', Klasis Rembon Sado'ko', Jambore III di Batu Ma'tanduk, Klasis Bokin Pitung Penanian.

Beragam acara digelar selama Jambore. Ibadah tentunya nomor satu, namun ibadah bukan hanya dalam bentuk kebaktian. Semua proses Jambore adalah Ibadah. Jambore adalah "Pesta Iman Sekolah Minggu".
Penekanan Jambore kali ini adalah Toraya Maelo, Jambore Ramah Lingkungan dan Jambore Budaya Damai & Anti Kekerasan. Ini adalah hasil keputusan Persidangan IX SMGT dan Raker III SMGT.

Jumlah anak SMGT sebagai peserta sebanyak 2282 Peserta dari 91 Klasis, juga dihadiri oleh Sinode dari Gepsultra.Ditambah dengan setiap klasis mengutus 4 orang pendamping dan 4 orang tim dapur sekitar 728 orang. Total orang yang hadir sekitar lebih dari 3000 orang.

Inilah daftar Klasis yang hadir dalam Jambore Nasional IV SMGT di Marintang:
Klasis ABBA, Awan, Baebunta Selatan, Balusu, Baruppu, Bastem, Bittuang, Bittuang Se'seng, Bokin Pitung Penanian, Bone, Bone-Bone,Bontang KK, Buakayu, Buntao', Dende' Denpiku, Ganang Batu, Kalaena, Kaltara, Kaltara Berau,Kaltim Balikpapan, Kaltimteng, Kapala Pitu, Kesu' La'bo', Kesu' Malenong, Kesu' Tallulolo, Kota Palopo, Kurra Denpiku, Kutai Timur, Lamasi, Luwu, Madandan, Makale, Makale Selatan, Makale Utara, Makale Tengah, Makassar, Malangke, Malili, Malimbong, Mappak, Marampa', Masamba, Masanda, Mengkendek Utara Barat, Mengkendek UT, Nanggala Karre, Nonongan Salu, Palopo, Pangala', Pangala' Utara, Parandangan, Pare-pare, Piongan Denpiku, Pulau Jawa, Rano, Rantebua, Rantepao, Rantepao Barat, Rembon, Rembon Sado'ko', Rosaba, Sa'dan, Sa'dan Matallo, Sa'dan Ulusalu, Sangalla', Sangalla' Barat, Sangalla' Selatan, Sangbua Lambe', Sasi, Sasi Utara, Seko Embona Tana, Seko Lemo, Seko Padang, Seriti, Sesean, Sigilore, Sillanan, Simbuang, Sukamaju, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tengah Timur, Tallunglipu, Tampo Simbuang, Tapparan Rantetayo, Tikala, Tondon, Ulusalu, Walenrang, Walenrang Timur, Wotu dan Sinode Gepsultra.

Berikut adalah gambar dari udara lokasi Jambore: (Copy Right by Fb Habib Panggalo)



Masyarakat turut berpartisipasi dalam pelaksanaan Jambore, mulai dari pembuatan tenda bahkan dalam membantu menyediakan makanan untuk panitia, Jambore ini juga dimeriahkan oleh remaja masjid setempat.



Adapun Kegiatan yang dilakukan adalah Workshop, Giat, Outbond, dan Pentas Kreasi. Lokasi Outbond melintasi Air Terjung 7 tingkat yang terkenal di Marintang.


Pemandangan yang indah di lokasi Outbond



Meskipun di lokasi sempat diguyur hujan dan membuat lokasi menjadi becek, namun tidak menyulutkan semangat Peserta Jambore.

Ribuan Peserta Jambore dan juga masyarakat sekitar mengikuti lomba penangkapan ikan.

Acara malam terakhir pada Jumat, 30 Juni 2017 ditutup dengan Ibadah Penutupan, Pembacaan Komitmen Bersih Kampungku, Toraya Maserrong, Penyalaan Kembang Api dan Dero Massal ditengah api unggun besar.
 Berikut video kembang api yang sangat luar biasa dapat diliat di Youtube:


Ketika hari terakhir, banyak peserta dan pendamping yang merasa sedih karena harus berpisah dengan teman-teman di Jambore. Begitu juga dengan Panitia, Pandu dan Fasilitator merasa sedih dan rindu dengan suasana selama Jambore Nasional IV SMGT berlangsung (dapat dilihat pada satus fb).

Salam Jambore : Berakar, Bertumbuh, Berbuah, Yes...
SMGT: Luar Biasa!!!

No comments:

Post a Comment

Mengenal Klasis Parandangan Sebagai Tuan Rumah KamNas Remaja II SMGT

Klasis Parandangan adalah salah satu Klasis yang berada dalam lingkup pelayanan BPS Wilayah II Rantepao. Klasis Parandangan terdiri da...