Monday, August 28, 2017

Kombongan Ada' Basse Tangngana (Sangalla')


(Senin, 28 Agustus 2017) Dalam rangka menindak lanjuti Seminar Adat dan Budaya Toraja di Gedung Tammuan Mali' pada tanggal 19 Agustus yang lalu dengan rekomendasi Bupati Tana Toraja bahwa demi hasil kombongan yang maksimal maka perlu dibicarakan secara mendalam setiap wilayah adat masing-masing untuk selanjutnya menjadi acuan untuk Kombongan Ada' se-Kabupaten Tana Toraja yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2017, maka diadakan Kombongan Ada' ini.

Kombongan Ada' Basse Tangngana (Se-Sangalla') ini dilaksanakan di Tongkonan Se'pon, Kampung Balik, Lembang Tumbang Datu, Kecamatan Sangalla' Utara pada pukul 09.00 wita-selesai tadi. Peserta sangat antusias untuk menghadiri dan mengikuti kombongan ini, terbukti dengan jumlah peserta yang tetap sampai pada selesainya kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dihadiri oleh setiap tokoh tallu lalikan (Pemerintah, Adat, dan Agama). Sebagai doa pembukaan dipimpin oleh Aluk Todolo (Alukta), doa Istirahat (jamuan kasih) oleh Pendeta Gereja Toraja, dan doa penutup oleh Pastor. Yang menjadi pembicara sekaligus selaku perampung dan penampung masukan dari peserta adalah Camat Se-Sangalla' (Sangalla', Sangalla' Utara dan Sangalla' Selatan).

Hal-hal yang dibicarakan adalah seputar Adat dan Budaya Toraja. Juga pergeseran nilai-nilai yang telah terjadi dalam tatanan masyarakat. Hal-hal yang dibicarakan adalah tentang Penggunaan busana pengantin, ma' dedek ba'ba, tongkonan, tongkonan layuk, penguburan bayi, "konvoi" penjemputan jenasah di jalan yang tidak sesuai dengan adat, Perda tentang Adat dan Budaya Toraja, dan masih banyak lagi hal-hal yang dibicarakan bersama.

Usul-usul tersebut ditampung dan dirampungkan untuk dibicarakan di Kombongan Ada se-Kabupaten Tana Toraja yang diadakan pada 30 Agustus nanti. Besar harapan peserta adalah bagaimana generasi sekarang dan generasi selanjutnya bisa mempertahankan Adat dan Kebudayaan Toraja yang tiada duanya ini. Budaya Toraja harus dilestarikan dan tetap berada pada nilai-nilai luhur yang sudah tertenun turun-temurun dalam kehidupan Masyarakat Toraja.

No comments:

Post a Comment

Mengenal Klasis Parandangan Sebagai Tuan Rumah KamNas Remaja II SMGT

Klasis Parandangan adalah salah satu Klasis yang berada dalam lingkup pelayanan BPS Wilayah II Rantepao. Klasis Parandangan terdiri da...