Thursday, November 9, 2017

Bunga Aneh Tumbuh di Toraja: Bunga Bangkai?

Bunga Bangkai atau Suweg adalah tanaman anggota marga Amorphophallus yang dekat dengan Amorphophallus titanum yang merupakan anggota dari famili dari Araceae (talas-talasan). Suweg merupakan tumbuhan herba dan menahun, batangnya berbentuk tegak, lunak, halus berwarna hijau atau hitam belang-belang putih. Batang tunggal memecah menjadi tiga batang sekunder dan akan memecah lagi sekaligus menjadi tangkai daun. Pada setiap pertemuan batang akan tumbuh bintil berwarna cokelat kehitam-hitaman sebagai alat perkembangbiakan suweg. Tinggi tanaman dapat mencapai 1,5 meter sangat tergantung umur dan kesuburan tanah.

Tanaman ini tumbuh dimana saja seperti di pinggir hutan jati, di bawah rumpun bambu, di tepi-tepi sungai, di semak belukar dan di tempat-tempat di bawah naungan yang beranekaragam. Untuk mencapai produksi umbi yang tinggi diperlukan naungan 50-60% Tanaman ini tumbuh dari dataran rendah sampai 1000 m di atas permukaan laut, dengan suhu antara 25-35oC, sedangkan curah hujannya antara 300-500 mm per bulan selama periode pertumbuhan. Pada suhu di atas 35oC daun tanaman akan terbakar, sedangkan pada suhu rendah menyebabkan suweg mengalami dormansi. Tumbuhnya bersifat tersebar di hutan-hutan atau di pekarangan-pekarangan, dan belum banyak dibudidayakan. Suweg dapat tumbuh baik pada tanah bertekstur ringan yaitu pada kondisi liat berpasir, strukturnya gembur, dan kaya unsur hara, di samping itu juga memiliki pengairan baik, kandungan humus yang tinggi, dan memiliki pH tanah 6 – 7,5. (sumber: marianacity.wordpress.com).

Kemunculan bunga ini sempat viral di duna maya khususnya di Facebook. Penemu bunga ini tidak tahu jenis bunga tersebut sehingga ditanyakan di Fb tentang jenisnya (karena mungkin baru kali ini bunga ini tumbuh di Toraja atau sudah banyak tapi baru kali ini muncul?). Menurut Ibu Pdt Dorce Dasa, S.Th, bunga langkah pertama kali ditemukan pada hari Minggu (05/11/2017) dengan kondisi masih kecil dan pendek. Pertumbuhan bunga begitu cepat, Pada hari Rabu kemarin kelopak bunga mulai keluar hingga saat ini seperti yang terlihat pada gambar.

Bunga ini mengeluarkan aroma yang cukup meyengat ketika mencium aroma kelopak bunganya, namun ini ketika kita dekat dengan kelopak bunga saja tetapi ketika kita agak jauh baunya tidak tercium lagi. Bunga ini tumbuh di halaman Gereja Toraja Jemaat To' Ampingan yang terletak di Lembang Palipu', kecamatan Mengkendek. Jika anda penasaran dengan bunga ini silahkan kunjungi ke tempat tersebut...

Salama'...

No comments:

Post a Comment

Mengenal Klasis Parandangan Sebagai Tuan Rumah KamNas Remaja II SMGT

Klasis Parandangan adalah salah satu Klasis yang berada dalam lingkup pelayanan BPS Wilayah II Rantepao. Klasis Parandangan terdiri da...