Tuesday, November 7, 2017

Toraya Na' Raka? Nilai-Nilai yang Dicari Oleh Orang Toraja

Jangan mengaku Orang Toraja jika tidak pernah melakukan hal ini atau paling tidak menjiwai nilai-nilai luhur yang membuat budaya kita tetap eksis sampai pada saat ini ditengah perkembangan zaman modern. Nah berikut Beberapa nilai hidup yang dikejar oleh orang Toraja menurut Th. Kobong, Nilai-nilai itu adalah:

Kebahagiaan, diperoleh identik dengan kesejahteraan atau kekayaan. Manusia Toraja dapat hidup dalam kebahagiaan dan kesejahteraan apabila kehidupannya diberkati dengan “tallu lolona” (tiga pucuk kehidupan): lolo tau (keturunan), lolo patuan (hewan, utamanya kerbau), dan lolo tananan (tanaman, utamanya padi).

Kedamaian (karapasan), pada dasarnya manusia Toraja tidak agresif/ekspensif. Ia senantiasa menjaga kedamaiaan/kerukunan dengan tetangga dan semua orang. Nilai-nilai lain bisa dikorbankan demi terjaganya kedamaian.

Persekutuan (kombongan atau rara buku), lambang persekutuan hidup manusia Toraja adalah “Tongkonan”. Persekutuan ini kemudian berlanjut pada gotong royong sebagai partisipasi dalam Tongkonan, saling memberi dan menerima, kehadiran dalam sebuah acara/upacara keagamaan.

Harga diri, keluarga berani mengorbankan harta benda daripada kehilangan harga diri dan nilai persekutuan dalam keluarga. Mungkin ini merupakan salah satu alasan banyaknya orang Toraja yang merantau sampai pada luar Negeri. Juga membuat mereka suka akan tantangan, tekun dan bekerja keras melakukan pekerjaannya.

Kesopanan (longko’ dan siri’), Penghargaan terhadap tamu (tamu adalah raja), KerajinanDisukai semua orangPernikahan (rampanan kapa’), Kerendahan hati (maluang ba’tang), Kepemimpinan tallu bakaa (kinaa/manarang=bijak, sugi’=kaya, barani=berani).

Dari sepuluh hal tersebut, masih adakah yang lain yang bisa untuk ditambahkan?

Meoli Komi Toraya...!!!
Salama'


No comments:

Post a Comment

Mengenal Klasis Parandangan Sebagai Tuan Rumah KamNas Remaja II SMGT

Klasis Parandangan adalah salah satu Klasis yang berada dalam lingkup pelayanan BPS Wilayah II Rantepao. Klasis Parandangan terdiri da...