Wednesday, November 1, 2017

Sukacita dalam Perayaan 70 Tahun Gereja Toraja

Ratusan Anggota Se Gereja Toraja memadati Lapangan Bakti, Rantepao, Toraja Utara. Ini adalah ibadah raya yang ke-2 HUT ke-70 Gereja Toraja yang dirangkaikan dengan peringatan 500 Tahun Reformasi. Arak-arakan perayaan ini dimulai dari Kantor Sinode Gereja Toraja ke Lapangan Bakti Rantepao. Peserta yang mengikuti defile sangat bersukacita dan berantusias. Meskipun cuaca agak panas, namun mereka tetap semangat mengikuti kegiatan ini. Hal tersebut nyata dalam cuplikan video berikut ini:

Berikut Sejarah singkat tentang Gereja Toraja. Gereja Toraja berdiri sebagai lembaga mandiri pada tanggal 25-28 Maret 1947, mengawali kiprah pelayanan formalnya melalui pelaksanaan Sidang Sinode I di Rantepao yang dihadiri oleh 35 utusan dari 18 Klasis. Sidang Sinode I ini memutuskan bahwa orang-orang Toraja yang menganut Agama Kristen perlu bersekutu secara mandiri dalam satu institusi gereja yang diberi nama "Gereja Toraja".

Sebelumnya nama "Gereja Toraja" sudah dibicarakan sejak Zending. Dalam rapat Konferensi Para Zendeling tanggal 7 Juli 1930, diusul tiga nama,yaitu: Pertama: Jemaat-Jemaat Kristen Protestan Toraja, Kedua: Gereja Kristen Protestan Toraja, dan Ketiga: Jemaat-Jemaat Kristen Injili Toraja. Dalam Konferensi Para Zendeling tahun 1937 dibicarakan lagi beberapa nama. Pertama: Gereja Kristen Toraja, Kedua: Sidang Masehi/Kristen Toraja, dan Ketiga: Kombonganna Karisten Toraja.

Hingga Sidang Sinode Am XXIV 2016 di Makale jumlah Klasis yang ada pada saat itu adalah 89 Klasis dari 1.015 Jemaat, 267 Cabang Kebaktian, dan 86 Tempat Kebaktian yang tersebar di Seluruh Indonesia dan Luar Negeri. Dalam defile tadi, Klasis Makassar sudah menjadi tiga Klasis sehingga jumlah Klasispun bertambah.

Harapan kedepannya sesuai dengan Tema Sidang Sinode Am XXIV bahwa Gereja Toraja akan semakin dan terus Berakar dalam Kristus, Berbuah Banyak dalam Dunia (Kol. 2:7; Yoh. 15:8). 

No comments:

Post a Comment

Mengenal Klasis Parandangan Sebagai Tuan Rumah KamNas Remaja II SMGT

Klasis Parandangan adalah salah satu Klasis yang berada dalam lingkup pelayanan BPS Wilayah II Rantepao. Klasis Parandangan terdiri da...